Senin , Desember 10 2018
Home / Ternyata / Alexithymia Bikin Kamu Sulit Ungkapkan Perasaan
foto devianart

Alexithymia Bikin Kamu Sulit Ungkapkan Perasaan

Ikut berduka cita waktu ada teman yang saudaranya meninggal memang wajar dirasakan. Tapi, berbeda dengan teman-teman yang lain, entah kenapa kamu nggak merasakan apa-apa. Biasa-biasa aja seolah nggak ada yang terjadi. Mau ikut berduka cita dan mengucapkan belasungkawa, tapi rasanya suliiit banget untuk mengungkapkan perasaan kamu.

Sulit mengungkapkan perasaan kadang dianggap biasa. Tapi, kamu perlu juga waspada jangan-jangan karena gejala alexithymia! Seperti dikutip dari Psychiatric Times, mereka yang mengidap alexithyimia memang sulit mengungkapkan perasaan kepada orang lain. Mereka dikenal sebagai sosok yang terlalu logis, nggak sentimentil, dan juga nggak bersahabat karena kurang empati.

Pokoknya, setiap menghadapi masalah mereka jarang banget melibatkan perasaan untuk menyelesaikannya. Mereka nggak yakin kalau perasaan bisa bantu menyelesaikan masalah. Selain itu, mereka kesulitan menjelaskan apa masalah secara verbal. Jadi, yang dirasakan di hati dan pikiran nggak bisa diucapkan lewat kata-kata. Kayaknya ada yang nggak nyambung antara perasaan dan yang mau diucapkan di lidah.

Nah, kalau mulai merasakan diri kamu cocok dengan ciri-ciri di atas, mungkin udah saatnya untuk menceritakannya ke orangtua kamu. Soalnya, alexithymia sendiri mempunyai dua jenis penyebab berbeda. Semakin cepat diketahui jenisnya, semakin tepat pula cara penanganannya. Oke? Selain sulit mengucapkan belasungkawa seperti kejadian di atas, nantinya pasti nggak mau kan sulit mengucapkan kata “suka” atau “sayang” karena sulit mengungkapkan perasaan kamu? (mns)

 

Artikel Terkait:

Tentang admin

Selain publikasi, tim Gregetan juga menyediakan online & digital campaign, layanan content, content creation, content partnership, native ads dan social media consulting. Info lebih lanjut hubungi redaksi@gregetan.com

Cek juga yang ini..

Lima Fakta Kekerasan Seksual yang Perlu Kamu Tahu

Nggak bisa lagi menutup mata, kekerasan seksual udah jadi bahaya yang dekat sama kehidupan remaja. …