Rabu , November 21 2018
Home / Inspirasi / Begini Seriusnya Siswa Korea Hadapi Suneung
suneung
foto-foto koreaherald

Begini Seriusnya Siswa Korea Hadapi Suneung

Yang namanya ujian sekolah, apalagi ujian yang menentukan kelulusan pasti dihadapi dengan serius. Kayak kamu yang sudah pernah ikutan ujian nasional, pasti persiapan udah dilakukan sejak jauh-jauh hari. Sama juga dengan teman-teman kamu di Korea waktu menghadapi ujian akhir tahun yang dikenal dengan Suneung. Selain menentukan kelulusan, hasil ujian ini juga menentukan di kampus mana mereka bisa melanjutkan pendidikan.

Karena menentukan tempat belajar nanti, makanya anak-anak Korea serius banget menghadapinya. Bukan cuma mereka, orangtua dan pemerintah nggak kalah serius biar anak-anak yang ikut ujian bisa tenang. Bahkan, di musim Suneung ini suasana di Korea berbeda dari biasanya. Anak-anak bawa buku lebih gampang ditemukan daripada yang main handphone. Gimana seriusnya mereka menghadapi suneung, kamu bisa lihat yang di bawah ini.

Tiada hari tanpa belajar

Entah sedang antri beli makanan atau antri tiket kereta, anak-anak Korea nggak pernah lupa baca buku. Nggak hanya pas duduk, waktu antri sambil berdiri pun mereka tetap belajar. Buat mereka waktu berharga banget. Bales chat gebetan atau pacar? Nanti dulu deh, tunggu Suneung selesai.

Jam kantor mundur satu jam

Biar anak-anak yang mau ujian nggak stres gara-gara jalanan macet, polisi dan tentara turun tangan. Semua kendaraan dan angkutan umum untuk anak sekolah diprioritaskan. Di musim suneung ini, jam kantor dimundurkan satu jam. Tujuannya biar anak-anak yang mau ikut ujian nggak terlambat dan tepat waktu sampe di sekolah.

Yang terlambat diantar polisi

suneung 3

Anak-anak Korea yang ketinggalan angkutan umum dan takut terlambat nggak perlu khawatir. Polisi atau tentara yang sedang patroli siap mengantar sampe pintu gerbang sekolah. Entah pakai motor besar atau mobil patroli juga bisa. Yang penting nggak terlambat ikut ujian.

Semua berdoa bersama

suneung 4

Selain belajar dengan serius, anak-anak Korea yang mau ikut ujian nggak lupa berdoa kepada Tuhan. Selain mereka, orangtua juga nggak kalah khusyu mendoakan anak-anaknya sukses ikut ujian. Makanya, pas musim ujian nasional begini, tempat-tempat ibadah biasanya lebih ramai dibanding hari biasa.

Serius jawab soal sendiri

Karena hasil ujian menentukan perguruan tinggi mana yang dimasukin, nggak ada ceritanya jawab soal asal-asalan. Mereka semua ingin dapet hasil terbaik biar bisa masuk kampus favorit. Kalau udah masuk kampus favorit, mereka pengen punya masa depan yang lebih baik.

Disambut keluarga di gerbang sekolah

suneung 6

Keluarga anak-anak yang mau ikut suneung biasanya berkumpul di depan pintu gerbang sekolah. Mereka siap menyambut anak-anak ini dengan spanduk berisi semangat ikut ujian. Ada juga yang kasih hadiah kecil kayak bunga atau buku.

Karena belajar mereka serius, nggak heran kalau mereka rata-rata pinter. Entah itu jadi dosen atau jadi artis dan penyanyi, tetep aja kepintaran mereka nggak bisa dibohongi. Jadi, jangan heran ya kalau lihat artis Korea jago matematika, menguasai banyak bahasa asing, pinter coding, dan banyak lagi lainnya. Soalnya, mereka selalu serius sekolah dan kuliah sebelum jadi artis kayak sekarang. Ayo, kamu jangan sampe kalah sama mereka, ya. (afs)

 

Artikel Terkait:

Tentang admin

Selain publikasi, tim Gregetan juga menyediakan online & digital campaign, layanan content, content creation, content partnership, native ads dan social media consulting. Info lebih lanjut hubungi redaksi@gregetan.com

Cek juga yang ini..

Cantik Nggak Cukup, Cewek Menarik Harus Punya Tiga Hal Ini

Mempunyai wajah cantik dari lahir memang sukses membuat kamu dikira gampang-gampang aja mendapatkan seorang pacar. …