Jumat , Januari 18 2019
Home / Digital Lifestyle / Yuk, Manfaatkan Mesin Pencari untuk Bantu Belajar

Yuk, Manfaatkan Mesin Pencari untuk Bantu Belajar

Setiap kali deadline menulis makalah sudah di depan mata, membayangkan betapa susahnya harus baca buku aja udah bikin kamu malas setengah mati. Apalagi kalau bukunya tebal-tebal. Belum lagi bahasanya yang kadang sulit dipahami. Kalau terus dibayangkan memang makin susah jadinya. Tapi, bayangan begini nggak akan jadi kenyataan kalau kamu pinter-pinter manfaatkan mesin pencari di Internet.

Yes, sekarang kan sudah banyak website yang bisa membantu kamu memahami sesuatu. Bahkan, kamu bisa dapatin penjelasan tentang materi tertentu. And thanks to Google, Bing, Baidu, dan lain-lain yang sudah menyediakan cara singkat membantu kamu dalam belajar. Caranya, gunakan mesin pencari ini dengan cara berikut:

Cari kata kunci
Untuk menemukan halaman web tertentu, biar gampang kamu bisa ketik site:[alamat website] yang kamu mau. Misalnya, kamu mau cari tentang anemia di alamat website www.sehat.com. Lalu, ketik anemia site:sehat.com di kolom pencarian Google. Hasilnya pasti ada di paling atas, deh! Oh ya, kalau kamu ingin jawaban yang merupakan hasil penelitian, bisa gunakan site:edu agar pencariannya hanya menunjukkan hasil dari website resmi pendidikan, ya! Contoh: anemia site:sehat.com

Mencari presentasi atau dokumen
Menghadapi tugas besok, coba deh untuk mempersiapkan diri. Nah, biar nggak kaget sama materi baru, coba cari tahu tentang materi itu di Google. Kamu bisa coba cari presentasi orang lain atau dokumen tugas mereka yang udah jadi dengan mengetik judul dan filetype:. Kalau mau cari teori mikroekonomi, kamu ketik teori mikroekonomi filetype:doc. Jangan lupa, kodenya adalah ppt untuk presentasi, doc untuk dokumen Word, dan juga XLS untuk Excel, ya! Contoh: Mikroekonomi filetype:ppt

Cari jurnal penelitian
Kadang, beberapa guru atau dosen paling nggak mau kalau kita mencantumkan sumber yang nggak jelas untuk paper atau malalah. Kuncinya, kamu tinggal search di perpustakaan jurnal punya Google, yakni scholar.google.com. Tinggal masukkan kata kunci, lalu ribuan penelitian bisa kamu akses. Tapi, pintar-pintar milihnya, ya! Soalnya ada yang free dan ada juga yang nggak.

Batasi pencarian
Misalnya nih kamu nggak mau pakai situs tertentu sebagai bahan kayak Wikipedia yang udah pasti bisa diedit oleh banyak orang. Agar situs itu nggak masuk ke daftar pencarian, coba gunakan tanda minus (-) aja! Caranya adalah dengan menuliskan apa yang kamu cari dan berikan minus ditambah websitenya. Contoh: DNA -site:wikipedia.org. Dengan cara ini, mesin pencari lebih cepat kasih materi yang kamu butuhkan.

Sebenarnya masih banyak lho cara yang diberikan mesin pencari kayak Google, Bing, Baidu, dan lain-lain untuk mempermudah kamu mencari bahan pelajaran. Tapi, cara di atas kayaknya efektif banget manfaatkan mesin pencari untuk menambah materi pelajaran. (cys)

 

Artikel Terkait:

Tentang admin

Selain publikasi, tim Gregetan juga menyediakan online & digital campaign, layanan content, content creation, content partnership, native ads dan social media consulting. Info lebih lanjut hubungi redaksi@gregetan.com

Cek juga yang ini..

Maker Insititute

Tiga Kunci Utama Cepat Mendapatkan Kerja

Sudah jadi sarjana tapi sulit mencari kerja pasti jadi kondisi yang ingin kamu hindari jauh-jauh. …