Sabtu , Agustus 19 2017
Home / Ternyata / Bener Nggak, Sehari Semalam Itu 24 Jam Pas?

Bener Nggak, Sehari Semalam Itu 24 Jam Pas?

Walau satu hari terdiri dari 24 jam, rasanya kamu selalu kekurangan waktu buat melakukan banyak hal. Mulai dari sekolah, bimbel, mengerjakan PR, plus berbagai hal dasar seperti makan, tidur, dan juga mandi. Nggak sempat memikirkan kalau sebenarnya dalam satu hari nggak terdiri dari 24 jam. Yup, kamu nggak salah baca karena nyatanya sehari semalam itu nggak tepat 24 jam.

Lama waktu dalam sehari semalam lebih tepatnya 23 jam, 56 menit, dan 4,2 detik. Durasi ini adalah waktu yang dihitung berdasarkan berapa lama bumi berputar pada porosnya alias berotasi. Durasi itu kemudian dibulatkan menjadi 24 jam karena ada perpanjangan waktu saat bumi bergerak di orbitnya untuk mengelilingi matahari.

Selain itu, karena putaran waktu ini berbentuk siklus, 24 jam dianggap sebagai waktu yang tepat buat memecahnya menjadi satuan yang lebih kecil. Dengan pembulaytan 24 jam, semua hitungan jam dan penggunaan wantu jadi lebih mudah. Semua yang berhubungan dengan jam jadi lebih simpel karena pembulatan menjadi 24 jam ini.

Seandainya nggak dilakukan pembulatan, nggak terbayang gimana ribetnya harus membagi 23 jam, 56 menit, dan 4,2 detik menjadi pecahan yang lebih kecil. Misalnya, kamu bilang setengah jam nggak bisa 30 menit pas, kan. Mengatur jadwal harian dijamin lebih pusing. Belum lagi urusan janjian sama gebetan yang harus tepat waktu. Makanya, kamu mesti bersyukur dengan pembulatan hitungan waktu menjadi 24 jam ini. (mns)

 

Artikel Terkait:

Tentang admin

Selain publikasi, tim Gregetan juga menyediakan online & digital campaign, layanan content, content creation, content partnership, native ads dan social media consulting. Info lebih lanjut hubungi redaksi@gregetan.com

Cek juga yang ini..

Ini Manfaat Bad Mood yang Jarang Kamu Tahu

Dekat-dekat sama cewek yang lagi PMS memang perkara hidup dan mati. Soalnya, nggak disinggung aja …