Minggu , Desember 16 2018
Home / Ternyata / Bohong Sekali Bisa Bikin Kamu Keterusan, Loh
bohong
foto bbc

Bohong Sekali Bisa Bikin Kamu Keterusan, Loh

Kalau bisa milih, hampir nggak ada orang yang ingin bohong. Tapi, setiap orang pasti pernah bohong waktu kepepet yang memaksa kamu bilang sesuatu yang nggak sesuai kenyataan. Misalnya, waktu pacar pengen ngajak ngedate, tapi kamu nggak punya uang. Mau bilang terus terang nggak enak dan malu sampe akhirnya kamu bilang ada saudara mau datang. Begitu juga pas ibu kamu tanya hasil ujian, kamu bilang semua teman sekelas juga ikutan remedial.

Tapi, apapun alasannya, sekali ketahuan bohong dan ketahuan rasanya bakal sulit dapat kepercayaan lagi. Apalagi kalau bohongnya sampe kelewatan. Selain bikin kesel, bohong bikin kamu akan melakukan hal yang sama untuk kedua kali. Sekali kamu bohong pasti ingin berbohong untuk yang kedua.

Seperti dikutip dari Nature Neuroscience, mereka yang pernah bohong demi kebaikan, biasanya berbohong lagi setelah beberapa waktu. Nah, kebohongan kecil-kecilan ini, lama-lama menjadi lebih besar. Nggak cuma berhenti di situ, hasil penelitian ini juga bilang kalau sekali bohong, kamu nggak akan merasa bersalah untuk berbohong lagi.

Ketika seseorang mulai berbohong, amygdala atau bagian otak yang mengatur ketakutan dan kenikmatan akan terus aktif. Nah, semakin sering berbohong, tingkat keaktifannya justru semakin berkurang. So, kalau bisa jujur, ngapain harus bohong, kan? (mns)

 

Artikel Terkait:

Tentang admin

Selain publikasi, tim Gregetan juga menyediakan online & digital campaign, layanan content, content creation, content partnership, native ads dan social media consulting. Info lebih lanjut hubungi redaksi@gregetan.com

Cek juga yang ini..

Lima Fakta Kekerasan Seksual yang Perlu Kamu Tahu

Nggak bisa lagi menutup mata, kekerasan seksual udah jadi bahaya yang dekat sama kehidupan remaja. …