Kamis , November 23 2017
Home / Digital Lifestyle / Cara Pintar Biar Nggak Terjebak Foto Hoax
foto theverge

Cara Pintar Biar Nggak Terjebak Foto Hoax

Di zaman serba online sekarang ini, setiap hari banyak banget berita yang bertebaran di dunia maya. Nah, tanpa repot-repot mencari tau benar atau enggaknya, kadang kamu sampai tertipu oleh berita-berita hoax. Dan, selain berita, foto hoax hasil modifikasi berbagai pihak yang nggak bertanggung jawab juga nggak kalah rajin menipu kamu. Nah, supaya nggak terjebak foto hoax yang tipu-tipu seperti itu, gimana ya cara mencari tau kebenarannya?

Langsung ke images.google.com
Selain mencari berbagai informasi tentang gebetan, situs andalan yang satu ini ternyata juga bisa digunakan untuk mencari tau kebenaran foto-foto yang bertebaran di dunia maya. Caranya, langsung buka images.google.com, drag atau upload foto yang bersangkutan, tunggu beberapa saat, danů voila! Langsung muncul deh hasil pencariannya.

Cari tau web yang pertama kali upload foto
Dari berbagai web yang tersedia di hasil pencarian, pasti ada dong yang menjadi pioneer alias yang pertama kali meng-upload foto yang bersangkutan? Nah, dari web tersebut, kamu bisa mengetahui apakah foto tersebut sesuai dengan kejadian yang sedang berlangsung saat ini alias asli, atau jangan-jangan, foto tersebut adalah foto lama yang menjadi korban modifikasi dan di-upload ulang dengan tujuan tertentu.

Cek ulang di web berita super terpercaya
Masih nggak yakin dengan hasilnya walaupun udah bertemu dengan web yang dimaksud? Langsung aja cek ulang di-web berita super terpercaya. Atau, bisa juga berkunjung ke trusted forum dan bertanya langsung dengan orang-orang yang ahli di bidangnya. Selain nggak terjebak hoax, kamu juga mempunyai kesempatan untuk menambah pengetahuan.

Pokoknya, sebelum percaya dengan foto yang sedang beredar, selalu ingat untuk mencari tau dulu ya kebenarannya. Jangan sampai kamu menjadi salah satu dari banyak orang korban foto hoax. Apalagi, sampai membantu menyebarkannya dengan share di beberapa grup sosial media karena udah telanjur percaya. Duh, bahaya! Walau hanya jadi netizen, tapi harus tetap pintar, dong. (mns)

 

Artikel Terkait:

Tentang admin

Selain publikasi, tim Gregetan juga menyediakan online & digital campaign, layanan content, content creation, content partnership, native ads dan social media consulting. Info lebih lanjut hubungi redaksi@gregetan.com

Cek juga yang ini..

Penasaran? Ini 5 Girlgroup yang Lagunya Sering Di-play Di Spotify

Selain lewat MP3 bawaan smartphone, dengerin lagu di Spotify nyatanya juga nggak kalah menyenangkan. Soalnya, …