Jumat , September 22 2017
Home / Inspirasi / Cerita Fiksi Bantu Kamu Mengasah Empati
foto sohu

Cerita Fiksi Bantu Kamu Mengasah Empati

Ikut sedih waktu sahabat putus sama pacarnya memang wajar terjadi. Soalnya, walau nggak langsung mengalami, kedekatan kalian berdua membuat kamu bisa merasakan gimana sedihnya jadi dia. Terus, kalau nggak dekat tapi bisa ikut merasakan mungkin nggak, ya? Soalnya, kamu sering banget ikut sedih waktu nggak sengaja mendengar cerita orang lain yang nggak dikenal.

Hmm, mungkin banget sih, terutama kalau kamu sering membaca novel, cerpen, komik, atau cerita fiksi lainnya. Jadi, dikutip dari Her, seseorang yang sering membaca cerita fiksi terbukti lebih mudah berempati dengan orang lain. Nilai moral yang diselipkan di dalam cerita fiksi berhasil mengasah empati dalam diri pembacanya. Mereka jadi lebih peka plus mudah menerima pendapat orang lain di sekitar mereka.

Terus, nggak cuma keluarga, sahabat, atau teman yang ada hubungannya, mereka juga bisa berempati dengan orang lain yang nggak dikenal. Soalnya, mereka udah terbiasa merasakan emosi setiap karakter cerita yang dibaca dan hanyut ke dalamnya. So, wajar kok kalau kamu bisa relate dan ikut sedih waktu nggak sengaja mendengar cerita orang lain yang nggak dikenal. Nggak perlu merasa lebay apalagi malu, loh. Malah, kamu bisa menjadi pendengar yang baik buat siapapun yang butuh tempat curhat. (mns)

 

Artikel Terkait:

Tentang admin

Selain publikasi, tim Gregetan juga menyediakan online & digital campaign, layanan content, content creation, content partnership, native ads dan social media consulting. Info lebih lanjut hubungi redaksi@gregetan.com

Cek juga yang ini..

Stop! Kata-kata kasar nggak bikin pacar jadi lebih baik

Apapun masalahnya, bertengkar sama pacar memang sering memancing emosi. Dari yang awalnya sepele, bisa berubah …