Rabu , Juni 20 2018
Home / Tip Trik / Enam Tips Mengatur Waktu Belajar Selama Ujian
foto wtpop

Enam Tips Mengatur Waktu Belajar Selama Ujian

Buat kamu yang sudah duduk di kelas 12, ujian nasional yang sudah kamu tunggu-tunggu nggak lama lagi bakal datang. Persiapan kamu menghadapi ujian yang satu ini bener-bener beda dibanding ujian yang lain. Walau bukan jadi satu-satunya penentu kelulusan kamu, tetap aja hasil ujian bisa jadi bekal berharga untuk bisa milih kampus favorit.

Dua minggu sampai seminggu menjelang ujian nasional, pikiran kamu sudah harus fokus ke urusan belajar. Tapi, waktu ujain itu tiba, kamu perlu cara yang berbeda mengatur waktu belajar. Sistem kebut semalam sudah pasti bukan pilihan terbaik karena bisa ganggu konsentrasi kamu selama ujian. Biar nggak salah mengatur waktu belajar, ada baiknya kamu perhatikan tips di bawah ini.

Sempatkan tidur siang
Sehari sebelum ujian, gunakan waktu siang untuk istirahat dengan tidur sejenak. Begitu juga waktu ujian sudah mulai jalan. Cukup setengah jam atau paling lama satu jam biar malam harinya kamu bisa fokus belajar dan nggak ngantuk. Tubuh yang bugar setelah tidur siang jadi bekal bagus buat belajar di malah hari.

Olahraga ringan
Sebelum mandi sore, sempatkan olahraga ringan seperti senam atau jalan kaki selama 30 menit. Olahraga ringan di sore hari bisa jadi pemanasan dan mengubah metabolisme tubuh setelah tidur siang. Jangan lupa mandi setelah olahraga.

Belajar sore
Setelah mandi sore, sempatkan belajar selama satu jam. Pilih materi pelajaran yang tidak banyak hafalan. Memcahkan soal matematika, fisika atau kimia cocok dilakukan di sore hari. Tapi, nggak ada salahnya juga kamu sesekali melirik pelajaran hafalan.

Percepat makan malam
Biar nggak ngantuk setelah makan, makan malam dipercepat sebelum jam 06.00 sore. Dengan makan malam lebih cepat, tubuh kamu punya jeda waktu untuk tetap bugar dan nggak ngantuk.

Janan begadang
Ini waktu belajar yang bagus banget untuk semua pelajaran. Waktu belajar malam hari, matikan hape dan televisi biar konsentrasi kamu nggak terganggu. Walau belajarnya semangat, jangan sampai kamu begadang karena bisa mengganggu konsentrasi waktu ujian besok. Maksimal jam 10 malam kamu harus sudah tidur.

Diulang waktu subuh
Dengan tidur cukup, kamu bisa bangun lebih pagi waktu adzan subuh berkumandang. Gunakan waktu subuh untuk mengulang pelajaran yang sudah kamu baca di sore dan malam hari. Saat pikiran sedang fresh begini, semua matari yang kamu baca kemarin bisa diingat kembali.

Dengan mengatur waktu belajar seperti ini, kamu akan lebih siap masuk ruang ujian dan nggak perlu kerepotan baca buku menjelang bel tanda masuk berbunyi. Semoga ujian kamu sukses, ya. (afs)

 

Artikel Terkait:

Tentang admin

Selain publikasi, tim Gregetan juga menyediakan online & digital campaign, layanan content, content creation, content partnership, native ads dan social media consulting. Info lebih lanjut hubungi redaksi@gregetan.com

Cek juga yang ini..

Foto Kenangan Begini Bikin Kamu Ingat Masa Lalu

Masa lalu memang nggak bisa dilupakan. Bukan cuma masa lalu sama mantan, tapi masa lalu …