Jumat , Juli 20 2018
Home / Inspirasi / Kamu Harus Berani Bilang Nggak!
foto: pixabay

Kamu Harus Berani Bilang Nggak!

Udah berapa kali kamu terjebak masalah cuma karena sulit bilang “nggak”, sih? Pasti banyak kan, ya! Mulai dari minjemin uang yang nggak dibayar-bayar, kasih contekan yang berujung dihukum guru, belum lagi ajakan main yang ujungnya malah nyusahin. Buat sebagian orang, bilang nggak tuh rasanya lebih susah dari masukin benang ke lubang jarum. Selain karena budaya, biasanya kalau emang seseorang sifatnya udah baik banget emang sulit buat nolak.

Tapi coba bayangin, deh. Sampai kapan sih kamu mau terjebak di suasana nggak enak cuma karena satu kata? Nah, kalau ada hal yang nggak bener atau bikin kamu nggak nyaman, udah saatnya lho kamu punya sikap. Gini nih biar bilang “nggak” jadi lebih gampang. Coba, yuk!

Cari yang gampang
Nggak itu bukan cuma kata, tapi sikap. Nggak, juga banyak bentuk dan padanan katanya, lho! Jadi, coba aja cari kata-kata yang bisa nolak dengan halus kayak “Nggak hari ini” atau “mungkin lain kali”.

Jangan overthinking
Sebelum bilang nggak, pasti kamu mikir tanggapannya dia gimana, kan? Kadang kita bilang nggak dan overthinking apa yang akan jadi reaksi si orang itu. Duh, padahal nggak semua orang akan marah kalau ditolak, kok! Asal, kamu kasih jawaban yang alasannya masuk akal, ya!

Jangan mau ditawar
Kadang, pas kamu udah bilang “nggak”, orang itu bisa jadi nawar atau minta keringanan. Nah, kalau tergoda, berarti kamu masih gampang dipengaruhi, lho! Yuk, bikin temen kamu jadi nggak akan mikir kamu “gampangan” untuk ditawar. Jadi, tetap punya sikap, ya!

Bilang “nggak” nggak seseram yang kamu pikirkan, kok. Jadi, jangan takut, ya! (cys)

 

Artikel Terkait:

Tentang admin

Selain publikasi, tim Gregetan juga menyediakan online & digital campaign, layanan content, content creation, content partnership, native ads dan social media consulting. Info lebih lanjut hubungi redaksi@gregetan.com

Cek juga yang ini..

Umpatan Kasar Nggak Bikin Pacar Jadi Lebih Baik

Apapun masalahnya, bertengkar sama pacar memang sering memancing emosi. Dari yang awalnya sepele, bisa berubah …