Minggu , Desember 16 2018
Home / Ternyata / Kebanyakan Olahraga Malah Mengundang Flu, Loh

Kebanyakan Olahraga Malah Mengundang Flu, Loh

Di musim pancaroba yang terus-menerus hujan tapi kadang panas juga ini, kamu harus pintar-pintar menjaga diri dari serangan flu. Selain minum gizi dan vitamin yang cukup, banyak bergerak dengan berolahraga jelas nggak kalah penting. Mulai dari jogging keliling kompleks tiap sore, berenang pas weekend, sampai coba-coba ikut kakak ke gym. Tapi, masalahnya, udah olahraga sebanyak itu kok masih terserang flu, ya?

Hmm, jangan-jangan kamu malah kebanyakan olahraga sampai badan malah nggak fit dan jadi kena flu. Seperti kata hasil penelitian Martin Schwellnus dari University of Pretoria, seseorang yang kebanyakan olahraga dengan intensitas yang tinggi, sistem imunnya akan berubah dan cenderung menurun. Padahal daya imun ini yang bikin kamu tetap sehat dan bugar menghadapi perubahan cuaca.

Makanya, semakin terlalu sering berolahraga, apalagi sampai kebanyakan olahraga malah membuat tubuh memproduksi hormon kortisol lebih banyak. Hormon kortisol in yang menyebabkan stres. Tapi, pada saat yang sama sel-sel imun kamu malah menurun.

Jadi, gara-gara imunnya sedikit, tubuh kamu jadi lebih mudah diserang berbagai penyakit saluran napas seperti flu dan teman-temannya. So, kalau nggak mau berakhir sakit setelah olahraga, lebih baik olahraga secukupnya aja, ya. Nggak perlu kebanyakan olahraga apalagi sampai diforsir segala karena ujungnya kamu malah terserang flu. (mns)

 

Artikel Terkait:

Tentang admin

Selain publikasi, tim Gregetan juga menyediakan online & digital campaign, layanan content, content creation, content partnership, native ads dan social media consulting. Info lebih lanjut hubungi redaksi@gregetan.com

Cek juga yang ini..

Lima Fakta Kekerasan Seksual yang Perlu Kamu Tahu

Nggak bisa lagi menutup mata, kekerasan seksual udah jadi bahaya yang dekat sama kehidupan remaja. …