Jumat , Juli 20 2018
Home / Ternyata / Kenapa Warna Tinja Bisa Beda-beda, Ya?
foto freeimages

Kenapa Warna Tinja Bisa Beda-beda, Ya?

 

Gara-gara pelajaran biologi di sekolah, udah seminggu ini kamu tambah perhatian tiap kali buang air besar. Yup, tanpa sadar, ternyata warna tinja yang kamu keluarin nggak pernah sama. Hari ini kuning banget, eh besok ganti warna jadi coklat muda. Hari berikutnya malah berubah jadi hitam dan besoknya lagi balik kuning lagi. Eh, tunggu deh, kok bisa ya warna tinja beda-beda? Ternyata, warna-warna tinja itu jadi tanda tentang kesehatan organ tubuh kamu. Makanya, kamu kenali satu-satu apa arti warna tinja yang keluar karena panggilan alam ini.

Cokelat
Yang namanya warna tinja emang erat hubungannya sama mantan… maksudnya, sama makanan yang kamu makan. Nah, kalo warnanya cokelat muda atau cokelat tua, berarti kamu dalam kondisi sehat walafiat. Yak, artinya, nggak ada masalah sama produksi cairan empedu dalam tubuh kamu. Selamat!

Hijau
Tinja yang warnanya hijau bisa jadi pertanda kalo ada infeksi bakteri atau peradangan usus. Kalo dibiarin terus-terusan, bukan nggak mungkin kamu bakal kena diare. Eits, tapi jangan panik dulu! Bisa juga loh warna tinja jadi hijau karena kamu emang vegetarian. Yup, zat kloforil dalam daun yang nggak bisa dicerna akhirnya kebawa deh sama tinja.

Kuning
Tinja yang warnanya kuning katanya bukan pertanda baik, nih. Soalnya, tubuh kamu lagi banyak mengandung lemak. So, kurang-kurangin deh makan makanan yang berlemak. Yak, bener banget, sementara ini kamu harus jauh-jauh dulu sama gorengan.

Merah
Kalo ketemu tinja berwarna merah atau kemerahan, berarti bisa jadi pertanda ada perdarahan internal di bagian usus atau sekitar rektum kamu. Tapi, jangan panik dulu, ya. Soalnya, bisa juga tinja kamu jadi merah gara-gara nelen makanan atau minuman yang berwarna… merah. Nah, coba diinget-inget lagi dari kemaren makan apa aja.

Hitam
Beda tempatnya, beda juga warnanya. Yup, kalo perdarahan di bagian usus atau rektum bikin tinja kamu berwarna merah, perdarahan di tenggorokan dan lambung bisa bikin tinja kamu berwarna hitam. Kok bisa? Soalnya, sebelum jadi satu sama tinja, darah yang keluar mengalami proses oksidasi waktu lewat cairan asam lambung. Akhirnya, ya, jadi hitam-hitam-gimana-gitu. (mns)

 

Artikel Terkait:

Tentang admin

Selain publikasi, tim Gregetan juga menyediakan online & digital campaign, layanan content, content creation, content partnership, native ads dan social media consulting. Info lebih lanjut hubungi redaksi@gregetan.com

Cek juga yang ini..

Ini Waktu Paling Baik untuk Makan Telur

Hampir semua makanan pasti menyertakan telur sebagai pelengkap. Nggak percaya? Coba lihat nasi goreng, nasi …