Rabu , Juni 20 2018
Home / Digital Lifestyle / Lima Hal Ini Nggak Usah Diposting di Socmed

Lima Hal Ini Nggak Usah Diposting di Socmed

 

Diam-diam media sosial kayak Facebook udah jadi teman curhat kamu setiap hari. Entah lagi sedih atau senang, nggak keren rasanya kalo nggak dibikin status. Tujuannya apalagi kalo bukan eksis di media sosial dan semua teman tahu perasaan kamu hari ini. Kamu maki senang kalo ada komentar yang kasih dukungan. Apalagi, kalo sampe kali like dan share ke teman yang lain. Hmmm…. hidup serasa makin berarti karena status kamu jadi perhatian orang.

Tapi, tunggu dulu ya karena nggak semua status itu bikin kamu untung. Malahan, nggak sedikit kejadian yang merugikan yang berawal dari status di Facebook. Misalnya, orang yang punya niat jahat bisa tahu rumah kamu kosong apa nggak gara-gara status yang kamu posting. Ada juga loh orang yang kirim barang berbahaya pake alamat kamu gara-gara baca status kamu. Biar kerjaan orang iseng dan jahat itu nggak kejadian sama kamu, ada baiknya nggak usah posting hal-hal di bawah ini.

Tanggal lahir
Jangan sekali-kali posting tanggal lahir lengkap sama bulan dan tahunnya. Apalagi sampe posting status di keluarga anak nomor berapa dan nama keluarga lengkap. Data pribadi ini bisa aja dicuri hacker dan membobol akun-akun kamu yang lain. Seumpama data pribadi itu dipake untuk membobol kartu kredit orang lain, kan bisa panjang urusannya. Kalo terpaksa bikin status tanggal lahir, baiknya nggak usah lengkap, ya.

Status hubungan
Mau masih sendiri, punya pacar, atau baru saja putus atau diputusin, nggak usah bikin status yang isinya status hubungan kamu. Orang yang putus cinta, pasti bawaannya sedih. Nah, orang yang lagi sedih ini biasanya jadi sasaran kejahatan entah itu lewat hipnotis dan sejenisnya. Kalo kamu putus dan mau curhat, mending curhat sama ibu atau sahabat.

Lagi sendirian
Pas orangtua dan adik-adik liburan ke rumah nenek di luar kota. Kamu milih sendirian di rumah karena masih ada tugas sekolah. Kesenderian kamu nggak usah dijadikan status yang diposting di media sosial. Nggak nutup kemungkinan maling car sasaran lewat status-status kayak begini.

Pas marah-marah
Jengkel sama seseorang yang bikin darah kamu naik cepat kayak roller coaster kadang butuh pelampiasan. Salah satu yang paling gampang, ya nulis status marah tadi. Sebaiknya kalo pas marah nggak usah dijadikan status karena temperamen kamu nanti diketahui banyak orang. Bisa repot urusannya kalo calon gebetan baca status yang lagi marah-marah begini.

Yang sifatnya rahasia
Rahasia yang harus kamu simpan nggak cuma masa lalu, tapi juga password, PIN kartu ATM, nomor KTP dan sebagainya. Data yang sifatnya identitas pribadi dan rahasia nggak boleh jadi status di Facebook. Bukan cuma ngundang bahaya, tapi bisa-bisa ATM kamu habis terkuras gara-gara nggak sengaja posting PIN ATM. (afs)

 

Artikel Terkait:

Tentang admin

Selain publikasi, tim Gregetan juga menyediakan online & digital campaign, layanan content, content creation, content partnership, native ads dan social media consulting. Info lebih lanjut hubungi redaksi@gregetan.com

Cek juga yang ini..

Maker Insititute

Tiga Kunci Utama Cepat Mendapatkan Kerja

Sudah jadi sarjana tapi sulit mencari kerja pasti jadi kondisi yang ingin kamu hindari jauh-jauh. …