Senin , Agustus 20 2018
Home / Ternyata / Loh, Masih Muda Kok Sudah Ubanan?
foto xin265

Loh, Masih Muda Kok Sudah Ubanan?

 

Coba perhatiin, ada nggak sih teman seumuran kamu yang udah punya uban? Padahal uban tuh identik sama orang tua, ya. Kok bisa sih mereka udah punya uban di usia belasan tahun?

Kalau kamu sempat mikir itu aneh, nyatanya nggak, kok! Punya uban emang udah risiko semua orang berapa pun umurnya. Umumnya sih semua orang akan punya uban setelah usia 30 tahun, tapi faktor genetik dan lainnya bisa bikin kamu punya uban sebelum usia segitu. Sebelum tahu kenapa dia punya uban di usia yang masih remaja, cari tahu dulu gimana uban bisa tumbuh di kepala, yuk!

Ketika usia menua, sel-sel melanosit di folikel rambut kamu berhenti memproduksi pigmen warna, lahirlah rambut warna putih yang sering disebut uban. Penyebabnya nggak cuma itu, uban juga bisa tumbuh karena ada hidrogen peroksida yang akan menghalangi produksi pigmen warna rambut.

Ada lagi alasannya, tapi mungkin yang ini lebih bisa menjawab kenapa teman kamu yang masih belasan tahun itu udah punya uban. Udah tahu dong kalau tubuh kita memiliki DNA? Nah, DNA ini adalah kode yang menyimpan data soal warna kulit, warna rambut, terutama kemungkinan buat punya uban di usia muda.

Habis itu, buat kamu yang mengalami anemia di usia muda, punya potensi yang besar buat punya uban juga, loh! Kurangnya aliran oksigen ke otak karena jumlah sel darah merah yang kurang cukup juga bisa bikin putih putih melati itu tumbuh di rambut.

Belum, belum selesai. Yang satu ini mungkin lebih cocok kali, ya! Kamu harus banget menghindari yang namanya galau atau perasaan lain yang bikin stress. Coba deh cari tahu, mungkin temen kamu yang ubanan itu keseringan sedih atau stress, makanya jadi ubanan. Soalnya menurut artikel dalam Koreaheld, ketika kamu banyak pikiran, tubuh akan menganggap itu sebagai ancaman. Makanya, pigmen yang harusnya dioper ke kepala malah berakhir di kulit tubuh. So, jauh-jauh ya sama galau atau stress. Biar nggak ubanan. Hehehe. (cys)

 

Artikel Terkait:

Tentang admin

Selain publikasi, tim Gregetan juga menyediakan online & digital campaign, layanan content, content creation, content partnership, native ads dan social media consulting. Info lebih lanjut hubungi redaksi@gregetan.com

Cek juga yang ini..

Empat Manfaat Tersembunyi dari Makanan Pedas

Makanan pedas menjadi salah satu favorit banyak orang meski berisiko terhadap lambung, terutama bagi yang …