Minggu , Desember 16 2018
Home / Astaga / Nama Benda Ini Berubah Tergantung Orangnya

Nama Benda Ini Berubah Tergantung Orangnya

Pernah nggak sih merasakan perbedaan penyebutan nama benda- waktu ngobrol sama teman? Saat kamu menyebut satu nama benda, ternyata teman kamu malah bertanya-tanya kayak nggak mengerti yang kamu maksud. Padahal, benda itu nggak jauh dari kamu dan bukan barang asing. Tapi, karena nama yang dia sebut nggak pernah kamu dengar sebelumnya, kamu jadi bingung apa yang dia maksud. Waktu dikasih tahu benda disebutkan tadi, kamu baru sadar kalau benda yang disebut itu sudah kamu kenal sebelumnya.

Yes,, pengalaman kayak gini memang cukup sering dialami siapa saja. Apalagi di Indonesia yang terdiri berbagai suku bangsa dan bahasa, menyebutkan satu benda bisa dengan banyak nama atau istilah. Tapi, sebenarnya perbedaan penyebutan itu nggak cuma berdasarkan daerah yang berbeda aja. Kadang, di satu daerah yang sama, satu benda juga punya banyak nama karena faktor kebiasaan menyebutkannya. Nah, kira-kira benda apa aja sih yang punya banyak nama dan beda cara menyebutkannya?

Rautan

Jpeg

Benda yang satu ini memang dipakai sama hampir setiap orang di sekolah. Tapi, jangan heran! Ternyata, tiap orang punya penyebutan yang berbeda-beda buat benda yang berfungsi meraut pensil ini, loh! Ada yang bilang serutan, ada juga yang bilang rautan. Masih ada nama pengserut, peruncing, dan juga nama-nama lainnya.

Penghapus

penghapus

Senasib sama rautan, penghapus juga punya nama yang berbeda-beda. Ada yang bilang penghapus, ada juga yang bilang hapusan. Nggak jauh lah, ya! Nah, yang unik, ada juga yang bilang setip, loh! Kalau kamu, nyebutnya apa, nih?

Kunciran

kunciran

Cewek-cewek pasti tahu betapa banyaknya nama yang dimiliki sama benda yang terbuat dari karet untuk menguncir rambut. Kadang disebut kunciran, kadang juga disebut karet rambut. Ada yang bilang ikat rambut, ada juga karet Jepang. Eh, karet Jepang khusus untuk karet kecil-kecil itu, loh!

Wajan

wajan

Buat yang sering bantu ibu di dapur, pasti nggak aneh sama benda yang satu ini. Walau bentuknya gitu-gitu aja, beda rumah ternyata punya nama yang berbeda untuk menyebut benda yang digunakan untuk menggoreng ini, loh! Benda ini, kerap disebut wajan, bisa juga penggorengan. Nah, masih ada juga yang menyebutnya dengan katel. Jadi, kalau masak di rumah teman, lebih baik tunjuk aja bendanya, ya!

Nah, itu tuh benda-benda yang punya nama berbeda-beda tergantung siapa penyebutnya. Kira-kira kamu mau nambahin nggak, nih? (cys)

 

Artikel Terkait:

Tentang admin

Selain publikasi, tim Gregetan juga menyediakan online & digital campaign, layanan content, content creation, content partnership, native ads dan social media consulting. Info lebih lanjut hubungi redaksi@gregetan.com

Cek juga yang ini..

Ini Tempat Paling Banyak Dipakai Menyimpan Contekan

Ujin kadang-kadang menjadi saat-saat paling lucu dan menggelikan yang pernah kamu rasakan selama sekolah. Teman …