Jumat , Januari 18 2019
Home / Astaga / Nggak Cuma Daun, Batang Pohon Ini Bisa Dimakan
foto pertanianku

Nggak Cuma Daun, Batang Pohon Ini Bisa Dimakan

Selama ini mungkin kamu lebih banyak makan sayuran dalam bentuk daun, buah, atau akar. Mulai dari bayam, kangkung, sampai buah labu siam yang asik diolah jadi sayuran. Tapi, di beberapa daerah ada sayuran yang terbuat dari batang pohon. Rasanya nggak kalah nikmat dibandingkan sayuran dari daun atau buah. Apalagi kalau yang masak tahu cara mengolahnya, rasanya malah bikin ketagihan.

 

Bambu muda atau rebung

Tanaman yang satu ini lebih dikenal sebagai bahan kesenian, bukan makanan. Padahal, bambu yang masih muda atau rebung juga enak dibuat sayuran. Beberapa daerah di Indonesia menyajikan tumisan atau sayur bambu muda ini sebagai makanan sehari-hari.

 

Rotan muda

Bahan anyaman untuk produk rumah ini enak sekali jika dimasak. Di Kalimantan, batang rotan yang masih muda ini disebut Umbut dan diolah jadi sayur bersama udang atau ikan. Kalau di Jawa, rotan yang dimasak dengan campuran kelapa jadi menu wajib buat berbuaka puasa di Ramadhan nanti.

 

Batang pisang

Batang pisang atau gedebong biasanya cuma buat mainan. Tapi, batang pisang juga bisa dimasak jadi sayuran yang nikmat. Di Bali dan Lombok, masakan dari batang pisang ini dikenal dengan nama sayur Ares.

Tiga batang pohon ini bisa kamu coba olah jadi sayuran untuk nambah variasi masakan di rumah. Kalau bosan dengan sayuran dari daun, sesekali kamu boleh coba sayuran dari batang pohon tadi. (kns)

 

Artikel Terkait:

Tentang admin

Selain publikasi, tim Gregetan juga menyediakan online & digital campaign, layanan content, content creation, content partnership, native ads dan social media consulting. Info lebih lanjut hubungi redaksi@gregetan.com

Cek juga yang ini..

Ini Tempat Paling Banyak Dipakai Menyimpan Contekan

Ujin kadang-kadang menjadi saat-saat paling lucu dan menggelikan yang pernah kamu rasakan selama sekolah. Teman …