Rabu , November 21 2018
Home / Ternyata / Penemu Rautan Pensil Ternyata Pakar Matematika
foto pixabay

Penemu Rautan Pensil Ternyata Pakar Matematika

Sejak masih taman kanak-kanak sampai mau jadi mahasiswa, kamu pasti nggak asing lagi sama rautan pensil. Alat yang satu ini jadi barang yang wajib ada di tas sekolah. Lupa nggak bawa, bisa-bisa jadi masalah kalau ada ulangan yang harus pakai pensil. Apalagi kalau sampai lupa bawa buat ujian nasional nanti. Ngomong-ngomong soal rautan pensil, pernah nggak kamu tanya siapa yang pertama kali menemukannya?

Ternyata, rautan pensil ini jadi benda keren pada zamannya dulu. Soalnya, penemu alat buat melancipkan ujung pensil ini bukan orang sembarangan, loh. Dia adalah Bernard Lassimone, ahli matematika dari Paris, Prancis. Dia yang suka utak-atik rumus-rumus matematika suka dibikin bingung kalau pensilnya patah. Awalnya dia meraut pensil pakai pisau. Tapi, karena beberapa kali tangannya terluka, dia mikir keras gimana caranya meraut pensil tanpa bahaya.

Setelah dipikir dan dicoba, dia mulai menemukan kalau tujuan meraut pencil itu buat membuat lancip ujung pensil. Dari sini kemudian dia utak-atik barang-barang di rumahnya buat uji coba. Hasilnya, satu alat dia rasa paling cocok buat meraut pensil. Biat temuan ini diakui oleh orang lain dan nggak ada yang jiplak sembarangan, Bernard mendaftarkan rautan pensil ini sebagai hak patennya tahun 1828. Jadi, alat sederhana ini sudah lama banget ditemukan. Bentuk alat ini terus berkembang di zaman dulu kayak foto di bawah ini.

rautan pensil klasik

Alat ini awalnya dikasih nama taille crayon atau pencil sharpener dalam bahasa Inggris. Bentuknya nggak lagi sederhana, tapi makin bagus sampai model yang modern kayak sekarang. Kalau kamu sekarang ketemu rautan pensil yang warna dan bentuknya macam-macam, jangan sampai lupa kalau penemunya itu ahli matematika. (afs)

 

Artikel Terkait:

Tentang admin

Selain publikasi, tim Gregetan juga menyediakan online & digital campaign, layanan content, content creation, content partnership, native ads dan social media consulting. Info lebih lanjut hubungi redaksi@gregetan.com

Cek juga yang ini..

Lima Fakta Kekerasan Seksual yang Perlu Kamu Tahu

Nggak bisa lagi menutup mata, kekerasan seksual udah jadi bahaya yang dekat sama kehidupan remaja. …