Rabu , Juni 20 2018
Home / Ternyata / Sampai Kapan Ya Payudara Tumbuh Terus?
payudara
foto aladokter

Sampai Kapan Ya Payudara Tumbuh Terus?

Selain menstruasi, tanda-tanda masa puber juga dapat dilihat dari perubahan bentuk tubuh, seperti bagian dada alias payudara. Dari yang awalnya rata dan setipis tatakan gelas, lama-lama membesar dan jadi seukuran apel, mangga, atau bahkan lebih. Kalau terus membesar seperti itu, kira-kira kapan ya payudara tumbuh terus? Soalnya, repot juga kalau harus beli BH terus karena payudara tumbuh terus dan nggak tahu kapan berhenti.

Ternyata, payudara tumbuh selama masa puber dan juga mungkin setelahnya. Seperti dikutip dari Seventeen, dokter kandungan Rebecca Brightman bilang kalau di masa puber alias umur 8-13 tahun, awalnya akan terjadi pembesaran di daerah areola atau puting. Kemudian, pembengkakkan kecil yang terjadi setelahnya itu pertanda kalau payudara akan berkembang menjadi dewasa.

Nah, setelah melewati masa puber sekitar umur 18-20 tahun, payudara akan berhenti berkembang dengan beberapa pengecualian. Maksudnya, ukuran payudara saat kamu berumur 18 tahun nggak berarti menjadi ukuran payudara selamanya, loh. Soalnya, perubahan hormon, berkurang dan bertambahnya berat badan juga akan mempengaruhi payudara tumbuh terus atau berhenti.

Ya, misalnya berat badan kamu bertambah dan lemaknya tambah banyak, mungkin banget payudara tumbuh membesar lagi. Tapi, kalau berat badan kamu nggak berubah atau naiknya sedikit, payudara nggak bakal tumbuh terus. Kalau pun tumbuh, biasanya nggak sampai bikin kamu beli kutang yang baru. (mns)

 

Artikel Terkait:

Tentang admin

Selain publikasi, tim Gregetan juga menyediakan online & digital campaign, layanan content, content creation, content partnership, native ads dan social media consulting. Info lebih lanjut hubungi redaksi@gregetan.com

Cek juga yang ini..

Ini Waktu Paling Baik untuk Makan Telur

Hampir semua makanan pasti menyertakan telur sebagai pelengkap. Nggak percaya? Coba lihat nasi goreng, nasi …