Minggu , Desember 16 2018
Home / Inspirasi / Setelah UN, Coba Empat Kegiatan Ini, Yuk
foto bakti sosial

Setelah UN, Coba Empat Kegiatan Ini, Yuk

 

Setelah Ujian Nasional (UN) yang bikin deg-degan itu, kebebasan sudah hampir di depan mata. Biasanya, sampai pengumuman kelulusan dan penerimaan kuliah, kamu punya liburan yang nggak main-main panjangnya, yakni tiga bulan. Wah, waktu sepanjang itu jadi sia-sia kalau diisi dengan hal-hal yang nggak jelas. Biar nggak terbuang percuma, ada banyak kegiatan bagus yang bisa kamu lakukan sambil bersenang-senang. Liburan kamu jadinya nggak sia-sia karena banyak manfaat loh yang bisa kamu dapatkan. Coba deh, apa saja sih kegiatan menarik yang bisa kamu ikuti setelah UN dan menunggu pengumuman kuliah.

Bakti sosial
Banyak program bakti sosial ke luar kota. Kamu bisa pilih tujuan dan kegiatan yang disuka juga. Kegiatan ini sifatnya volunteer alias sukarela. Jadi, kamu nggak akan dibayar. Tapi, biasanya untuk transportasi dan makan di tempat tujuan akan ditanggung, kok. Selain dapat amal dan pelajaran, bisa liburan di kota orang juga, kan?

Summer course
Istilahnya sih emang summer course, tapi kamu nggak harus ambil kursus di musim panas aja, kok. Kalau di Indonesia, mungkin agak sulit cari kegiatan kayak gini. Tapi, di luar negeri banyak banget. Nah, kalau memang luarnegeri bukan tujuanmu, coba ikut kursus singkat bahasa Inggris kayak di Kampung Pare, Kediri, Jawa Timur. Selain liburan, di sana jadi menambah wawasan untuk belajar bahasa Inggris, kan?

Part time
Buat kamu yang tinggal di kota-kota wisata kayak Jogja, Semarang, atau Malang kesempatan untuk mencoba pekerjaan part time tuh banyak banget, lho! Kamu bisa coba melamar di toko, kedai kopi, atau mungkin kantor-kantor jasa pariwisata. Selain pekerjaan part time memungkinkan kamu buat tetap punya waktu untuk melamar kuliah, kamu juga dapat uang jajan dan kali aja bisa untuk tambahan biaya kuliah nanti, kan?

Mengajar les
Setelah belajarmati-matian untuk Ujian Nasional, pasti kamu akan merasa pinter banget karena udah bisa melewati masa 12 tahun sekolah. Kepintaran itu jangan disia-siakan, ya! Coba aja ajak anak kecil di sekitar rumah kamu yang masih sekolah untuk dapat pelajaran tambahan buat kamu. Selain dapat uang jajan tambahan, hitung-hitung pemanasan untuk menghadapi tes SBMPTN nanti juga.

Intinya, jangan buang waktu luang kamu sia-sia tanpa melakukan kegiatan yang banyak manfaatnya. Tapi, jangan lupa juga untuk tetap bersenang-senang, ya! (cys)

 

Artikel Terkait:

Tentang admin

Selain publikasi, tim Gregetan juga menyediakan online & digital campaign, layanan content, content creation, content partnership, native ads dan social media consulting. Info lebih lanjut hubungi redaksi@gregetan.com

Cek juga yang ini..

Cantik Nggak Cukup, Cewek Menarik Harus Punya Tiga Hal Ini

Mempunyai wajah cantik dari lahir memang sukses membuat kamu dikira gampang-gampang aja mendapatkan seorang pacar. …