Jumat , Januari 18 2019
Home / Inspirasi / Sopan Sama Senior Atau Lagi Dibully?

Sopan Sama Senior Atau Lagi Dibully?

 

Tiap kali mau ke kantin lewat lorong kelas tiga tuh rasanya maleees banget. Pasti ada aja deh yang manggil nama dan nyuruh mampir. Habis itu, udah ketebak. Di antara mereka pasti ada yang nitip beli makanan atau minuman di kantin. Sebagai junior, udah pasti harus sopan sama senior kan, ya! Tapi, yakin nih kamu melakukannya karena perasaan hormat dan bukan karena lagi dibully?

Lho, kok dibully, sih? Kan dia cuma minta tolong? Well, siapa sih yang awalnya tahu kalau dia lagi dibully? Nggak ada, kan? Bullying atau tindakan mengganggu itu kedoknya banyak, lho. Ada yang cuma sering manggil nama, ada yang kasih julukan, dan ada yang kayak kamu alami gini: disuruh-suruh sama senior.

Nah, emangnya kamu lagi dibully? Jadi, batas antara kamu beneran segan dan sopan sama senior dan lagi dibully adalah rasa ikhlas dan nyaman. Kalau lagi melakukan sesuatu yang nggak kamu pengen lakukan tapi terpaksa karena mereka minta, bisa jadi kamu dibully. Apa lagi kalau sampai kamu diminta untuk beli ini itu tanpa mereka kasih uangnya.

Kuncinya ya satu, berani untuk bilang nggak. Kalau memang belum bisa melakukannya, kamu bisa coba dengan kasih alasan lain kayak diminta untuk ke mana sama guru atau apapun yang bisa menyelamatkan kamu dari situasi disuruh-suruh. Kalau mereka makin parh, jangan lupa untuk speak up dan berani ngomong sama guru, ya! (cys)

 

Artikel Terkait:

Tentang admin

Selain publikasi, tim Gregetan juga menyediakan online & digital campaign, layanan content, content creation, content partnership, native ads dan social media consulting. Info lebih lanjut hubungi redaksi@gregetan.com

Cek juga yang ini..

Cantik Nggak Cukup, Cewek Menarik Harus Punya Tiga Hal Ini

Mempunyai wajah cantik dari lahir memang sukses membuat kamu dikira gampang-gampang aja mendapatkan seorang pacar. …