Rabu , November 21 2018
Home / Ternyata / Tanda Bohong Nggak Selalu Hindari Kontak Mata
kontak mata
foto shutterstock

Tanda Bohong Nggak Selalu Hindari Kontak Mata

Entah dengan sahabat atau pacar, mengatakan kebohongan biasanya jauh lebih sulit daripada kejujuran. Karena lebih sulit, tanpa sadar kamu pasti mengeluarkan beberapa tanda-tanda khusus kayak menggaruk kepala meski nggak gatal, menyentuh hidung, atau mungkin nggak berani menatap lawan bicara alias menghindari kontak mata. Tapi, apa iya semua orang yang bohong menghindari kontak mata?

Jawabannya, tergantung, sih. Bukan harapan kamu yang tergantung tanpa kepastian itu. Tapi, tergantung gimana bohong itu sudah direncanakan atau belum. Soalnya, orang yang bohong biasanya mengalami kesulitan untuk fokus menatap ke arah lawan bicara. Hal ini karena reaksi perasaan gara-gara nggak nyaman terjebak pertanyaan. Terus, kalau diperhatikan baik-baik, selama bohong biasanya mereka jadi lebih sering melihat ke arah kiri sebagai tanda kalau sedang cari imajinasi dan bukan ingatan.

Tapi, lain ceritanya kalau bohong yang sudah direncanakan. Karena berusaha mengingat skenario bohong, otak akan mengakses ke dalam bagian ingatan. Nggak perlu repot mengkhayal atau berimajinasi yang akan membuat mereka sering melihat ke arah kiri. Nah, dengan skenario bohong ini, mereka nggak lagi merasa tertekan. So, nggak ada masalah tuh kalau harus menatap lawan bicara.

Jadi, nggak semua orang yang bohong akan menghindari kontak mata, ya. Apalagi, kalau bohongnya udah direncanakan. Ya, kecuali dadakan sih, kayak tahu bulat lima ratusan. (mns)

 

Artikel Terkait:

Tentang admin

Selain publikasi, tim Gregetan juga menyediakan online & digital campaign, layanan content, content creation, content partnership, native ads dan social media consulting. Info lebih lanjut hubungi redaksi@gregetan.com

Cek juga yang ini..

Lima Fakta Kekerasan Seksual yang Perlu Kamu Tahu

Nggak bisa lagi menutup mata, kekerasan seksual udah jadi bahaya yang dekat sama kehidupan remaja. …

  • Rahma

    Berdasarkan sumber yang saya baca, pada saat orang berbohong, maka bola matanya bergerak ke kanan, bukan kiri. Mungkin maksud kiri di artikel ini, jika dipandang dari lawan bicaranya yg berada di sebrangnya ya.

    • admin

      terima kasih masukannya…