Jumat , Januari 18 2019
Home / Ternyata / Ternyata Begini Ya Efek Kecanduan Belanja
foto revelatrium

Ternyata Begini Ya Efek Kecanduan Belanja

Selain update status terbaru, zaman serba online kayak sekarang juga memberi kamu kemudahan buat belanja. Tinggal diam di rumah, pilih barang dari smartphone kesayangan, terus bayar lewat mobile banking atau ATM. Nggak perlu repot pergi ke tokonya dan tinggal duduk manis di rumah menunggu barangnya datang. Dengan kemudahan ekstra kayak gini, rasanya nggak heran kalau kamu jadi kencanduan belanja. Apalagi barang yang kamu beli mirip sama yang dipakai bintang drama Korea.

Masalahnya, kecandungan belanja itu punya efek yang perlu kamu thu juga. Selain nggak bagus buat tabungan, kebiasaan kamu yang satu ini juga nggak bagus buat kesehatan. Kata penelitian The Hannover Medical School, lebih dari 7% orang yang sudah merasakan asiknya belanja ternyata potensi belanja yang kompulsif alias beli barang yang nggak dibutuhkan.

Selain nggak bisa lagi bedakan kebutuhan dan keinginan, kecanduan belanja juga membuat orang suka maksa sesuai keinginan. Pokoknya, kalau sudah ingin suatu barang, dia maksa harus dapat. Intinya dia hanya puas kalau sudah belanja dan belanja. Apalagi kalau barang yang dibeli mirip sama punya bintang drama Korea.

Makanya, kalau nggak segera dikontrol, kondisi kamu yang seperti ini lama-lama bisa lebih berbahaya daripada orang yang kencanduan minuman beralkohol atau narkoba. Soalnya, kamu nggak berpikir kalau belanja adalah hal yang berbahaya dan harus cepat-cepat berhenti dilakukan.

Jadi, kalau udah seperti ini, nggak ada jalan lain selain memaksa diri untuk berhenti kecanduan belanja. Boleh coba minta bantuan orangtua kamu buat membatasi uang jajan, plus minta sahabat buat mengingatkan kamu tiap kali mau belanja. (mns)

 

Artikel Terkait:

Tentang admin

Selain publikasi, tim Gregetan juga menyediakan online & digital campaign, layanan content, content creation, content partnership, native ads dan social media consulting. Info lebih lanjut hubungi redaksi@gregetan.com

Cek juga yang ini..

Lima Fakta Kekerasan Seksual yang Perlu Kamu Tahu

Nggak bisa lagi menutup mata, kekerasan seksual udah jadi bahaya yang dekat sama kehidupan remaja. …