Senin , Desember 10 2018
Home / Inspirasi / Tiga Kiat Menghadapi SBMPTN dengan Tenang
foto tribunnews

Tiga Kiat Menghadapi SBMPTN dengan Tenang

Buat kamu yang nggak lulus SNMPTN nggak perlu berkecil hati karena kesempatan masuk kampus favorit masih terbuka. Daripada menghabiskan waktu untuk kecewa dan sedih kayak ditinggal gebetan, lebih persiapkan diri untuk menghadapi SBMPTN atau ujian mandiri lainnya. SBMPTN itu jalan lain untuk masuk perguruan tinggi negeri yang bisa kamu pilih.

Tapi, untuk ikut SBMPTN kamu perlu belajar lebih giat lagi karena peminatnya juga banyak. Dari pengalaman beberapa teman, ada tiga tips sederhana yang bisa kamu gunakan waktu ikut SBMPTN ini.

Jangan paksa diri untuk menghafal
Soal SBMPTN pasti berbeda dengan soal UN. Soal SBMPTN jauh lebih sulit dan sulit ditebak. Karena itu, jangan paksa diri menghapal terlalu banyak. Menghapal terlalu banyak membuat kamu bisa stres sebelum ujian. Solusinya, berpikir rasional, pahami pengetahuan umum, dan ketahui urutan waktu peristiwa sejarah.

Perbanyak latihan
Bayak berlatih, terutama soal TPA dan bahasa akan membuat kamu lebih siap menghadapi ujian. Berlatih soal-soal lainnya juga akan merangsang daya ingat semakin tajam. Jadi, jika nanti bertemu soal yang sejenis saat SMBPTN, kamu akan mudah mengerjakannya.

Kenali bidang yang kamu kuasai
Nggak semua orang bisa matematika dasar atau soal ujian tertentu lainnya. Daripada memaksakan diri dan jadi pusing, lebih baik temukan bagian soal mana yang kamu bisa. Kalau merasa mampu dalam bidang bahasa, baik Indonesia atau Inggris, lebih baik kamu fokus ke situ. Kalau bisa semua soal bahasa itu kamu jawab dengan sempurna alias benar semua.

Dengan tiga tips sederhana ini kamu bisa punya modal lebih bagus buat menghadapi SBMPTN yang akan berlangsung beberapa minggu ke depan. Fokus belajar dan kurangi dulu nonton. Jangan kalah sama bintang drama Korea karena kebanyakan mereka lulusan kampus favorit di negaranya. (kns)

 

Artikel Terkait:

Tentang admin

Selain publikasi, tim Gregetan juga menyediakan online & digital campaign, layanan content, content creation, content partnership, native ads dan social media consulting. Info lebih lanjut hubungi redaksi@gregetan.com

Cek juga yang ini..

Cantik Nggak Cukup, Cewek Menarik Harus Punya Tiga Hal Ini

Mempunyai wajah cantik dari lahir memang sukses membuat kamu dikira gampang-gampang aja mendapatkan seorang pacar. …