Rabu , November 21 2018
Home / Digital Lifestyle / Tiga Langkah Aman Belanja Online
foto bandt

Tiga Langkah Aman Belanja Online

 

Tiap kali dapat kiriman uang jajan dari mama, rasanya bahaya banget buka-buka aplikasi belanja atau scroll timeline online shop di Instagram. Liatinnya sih semenit, eh uang jajan sebulan langsung ludes dalam sekejap. Habis itu, tinggal mikir deh gimana caranya ngirit sisa uang buat ongkos sekolah sebulan ke depan.

Kalau barangnya datang, pasti perasaan kamu gembira banget. Yang bikin nyesek adalah ketika udah bayar dan nunggu berhari-hari bahkan berminggu-minggu tapi barangnya belum sampai juga. Nggak tahunya, pedagang itu malah lenyap entah ke mana. Makanya, biar nggak ketipu sama online shop, pastikan udah melakukan hal-hal ini, yuk!

Cek akunnya
Sebelum mutusin untuk beli sesuatu di sana, pastiin kamu udah tahu kalau akun itu nggak terlibat penipuan. Coba aja cari di Google dengan masukkan nama online shopnya. Nanti, akan kelihatan kok ulasan tentang online shop itu.

Baca-baca testimoni
Habis lihat ulasannya, terus bandingkan sama online shop sebelah. Kalau sama, bisa jadi salah satu atau bahkan dua-duanya penipu. Kalau memang meyakinkan dan isi komentarnya juga bagus, gas aja terus, ya!

Bayar. Bayar. Bayar!
Habis pilih-pilih barang, kamu akan langsung disuruh bayar. Untuk menghindari yang nggak-nggak, coba pilih pembayaran yang nggak langsung. Beberapa website atau aplikasi belanja sih udah kasih kemudahan dengan nahan pembayaran ke penjual sampai barangnya sampai di kamu. Kamu juga bisa nih pilih rekening bersama atau COD (Cash on Delivery). Tapi, tetap jaga keamanan pas lagi COD-an, ya!

Daripada nanti uang jajan kamu yang sebanyak itu menghilang buat yang nggak-nggak, selalu pastiin kamu teliti sebelum membayar. Kalau barangnya beneran nggak datang, apa nggak nyesek? (cys)

 

Artikel Terkait:

Tentang admin

Selain publikasi, tim Gregetan juga menyediakan online & digital campaign, layanan content, content creation, content partnership, native ads dan social media consulting. Info lebih lanjut hubungi redaksi@gregetan.com

Cek juga yang ini..

Maker Insititute

Tiga Kunci Utama Cepat Mendapatkan Kerja

Sudah jadi sarjana tapi sulit mencari kerja pasti jadi kondisi yang ingin kamu hindari jauh-jauh. …