Senin , Desember 10 2018
Home / Digital Lifestyle / Yuk, Belajar Coding Lewat Situs-situs Keren Ini
foto makers institute

Yuk, Belajar Coding Lewat Situs-situs Keren Ini

Kebiasaan main game dari dulu sampe sekarang berhasil bikin kamu punya cita-cita jadi programmer. Tapi, karena bakat politik kamu nggak bisa ditutup-tutupin, beasiswa jurusan Ilmu Politik yang seleksinya cuma iseng kamu ikutin ternyata berhasil didapatkan. Duh, gimana, ya? Masa mau lepas beasiswa demi menggapai cita-cita? Eits, tunggu dulu. Jaman sekarang udah banyak kok situs yang bisa bantuin belajar coding buat wujudkan impianmu jadi programmer! Kalo kamu bisa coding, udah pasti bisa bikin game unyu-unyu yang nggak cuma bikin geli, tapi juga datengin uang. Nah, coba deh cek situs apa aja ya yang nawarin belajar coding?

Khan Academy (khanacademy.org)
Di bagian Computer Programming punya Khan Academy, kamu bisa belajar bikin gambar, animasi, dan games dengan menggunakan JavaScript dan ProcessingJS. Nah, buat yang suka nge-blog, kamu bisa belajar cara pake HTML dan CSS supaya tampilan blog kamu jadi super kece! Serunya lagi, apaun yang kamu bikin di sini bisa di-share ke orang lain. So, bisa banget belajar bareng dan tukeran tips sama temen-temen. Dan, yang paling penting pake banget, kamu nggak perlu bayar alias gratis tis tis tis!

Udemy (udemy.com)
Di bagian IT & Software-nya Udemy, kamu bisa belajar materi seputar network & security, hardware, operating system, dan lain sebagainya-liat-di-bagian-other. Tapi, kalo pusing sama pembagiannya, langsung aja cari di “search course”! Nah, enaknya belajar di Udemy, kamu bisa milih topik yang spesifik dan bener-bener sesuai sama kebutuhan. Selain yang buat belajar-belajar aja, Udemy juga nyediain course buat kamu yang lagi siap-siap mau ujian IT buat ngedapetin sertifikat, loh. Pssstt… tenang, walaupun kebanyakan bayar, course di Udemy juga ada yang gratis, kok.

Coursera (coursera.org)
Bagian Computer Science Cousera punya beberapa… err… sub-bagian lagi kayak Software Development, Mobile and Web Development, Algorithms, Computer Security and Networks, serta Design and Product. Kerennya, materi course dan tutor di sini nggak abal-abal karena berasal dari universitas-universitas kece yang ada di dunia. Yup, lebih dari 140 universitas yang tersebar di 28 negara udah resmi jadi partner coursera. Nah, course di coursera nggak cuma buat yang expert aja loh, yang beginner juga ada. So, kalo kamu berminat ambil course di coursera, jangan lupa siapin uang, ya!

Udacity (udacity.com)
Welcome to Udacity! Di sini, kamu bisa belajar materi seputar Android, data science, iOS, software engineering, web development, dan teman-temannya. Course di sini dibagi ke dalam tingkat beginner, intermediate, dan advanced yang bisa disesuaikan sama kebutuhan. Nggak kalah keren dari Coursera, materi course dan tutor di sini dibuat oleh orang-orang yang bekerja di perusahaan kece sekelas Amazon, Facebook, Google, Twitter, dkk. So, nggak perlu diragukan lagi karena mereka emang beneran berpengalaman! Nah, bahagianya, course di Udacity nggak semunya bayar alias banyak yang gratis. Yeay!

Makers Institute (front.makersinstitute.id)
Nah, nggak cuma dari luar, situs coding-coding-an dari Indonesia juga ada, loh! Di makers institue kamu bakal belajar melalui ‘jalan’ yang dipilih. Ada Android Developer, Scientific Computing, Artificial Intelligence, Full Stack Web Developer, iOS Developer, dan Front End Developer. Yang menarik, situs ini dirancang buat yang nggak punya background IT sama sekali. Jadi, buat kamu yang paham sedikit, boleh nih jadi pilihan. (mns)

 

Artikel Terkait:

Tentang admin

Selain publikasi, tim Gregetan juga menyediakan online & digital campaign, layanan content, content creation, content partnership, native ads dan social media consulting. Info lebih lanjut hubungi redaksi@gregetan.com

Cek juga yang ini..

Maker Insititute

Tiga Kunci Utama Cepat Mendapatkan Kerja

Sudah jadi sarjana tapi sulit mencari kerja pasti jadi kondisi yang ingin kamu hindari jauh-jauh. …